Mengenal Pola Kebiasaan Makan Ikan

by Unknown , at 06.40 , has 0 komentar
1.  Kebiasaan Pola Makan dan Kebutuhan Gizi pada Ikan Mas  

Ikan Mas adalah ikan konsumsi yang paling dikenal dan paling digemari oleh masyarakat Indonesia, harganya yang terjangkau, Ikan Mas juga dapat diperoleh dengan cara menjala atau memancing disungai-sungai dan danau tanpa harus membeli. Dengan semakin tingginya kebutuhan pasar akan ikan air tawar khususnya ikan mas.

Ikan mas tergolong kedalam jenis hewan pemakan segala (omnivora) berbagai makanan yang ada si alam dari mulai tumbuhan air, sampai hewan air yang kecil, bahkan jasad hewan dan tumbuhan yang berada didasar perairan pun dijadikan makanannya. Maka pertubuhan ikan mas di lingkungan yang cukup memenuhi kebutuhan makanannya akan sangat pesat, maka tak jarang ditemukan di sungai-sungai dan danau ikan mas yang memiliki bobot diatas rata-rata, atau bahkan mendekati ukuran raksasa.

Ikan mas dewasa yang dipelihara di kolam encari sumber makanan (jsad renik) di sekeliling pematang kolam. Oleh sebab itu pematangsering rusak dan longsor karenanya. Ikan mas juga suka mengaduk dasar kolam untuk mencari makan. Aktivitas ini membantu kawanan benih ikan mas mencari makan. Aktivitas seperti ini menyebabkan ikan mas digolongkan kedalam ikan golonga bottom feeder (pemakan dasar). Aktivitas ikan mas seperti ini juga yang menyebabkan pemeliharaan ikan mas di sawah berhasil dengan baik. 


Ikan Mas

Ikan Mas








Kebutuhan gizi ikan mas :


Zat Gizi
Umur/Ukuran
Kebutuhan %
Sumber
Protein


Lemak
Karbohidrat
Vitamin
Mineral
Larva
Juvelin
Dewasa
Semua Ukuran
Semua Ukuran
Semua Ukuran
Semua Ukuran
43 – 47
37 -  42
26 – 32
6 – 8
20
0,5 – 10
0,25 – 0,5
NRC (1977)
NRC (1977)
Litbang Deptan (1989)
Litbang Deptan (1989)
Litbang Deptan (1989)
Litbang Deptan (1989)
Litbang Deptan (1989)

Dalam budi daya semi intensif dan intensif, ikan mas membutuhkan makanan yang mengandung protein antara 25-47%. Jumlah pakan yang diberikan sebanyak 2-4% berat total biomassa yang disesuaikan dengan umur pemeliharaan. Seperti pada tabel dibawah.


Umur Pemeliharaan (bulan ke)
Jumlah pakan (% berat total ikan per hari)
1
2
3
4
5
4
3,5
3
3
2

Untuk membuat pakan buatan, dibutuhkan kmposisi atau formula yang tepat untuk campurannya, hal itu dimaksudkan agar kebutuhan nilai gizi, nutrisi pada ikan yang akan dibudi daya tercukupi. berikut tabel formula untuk membuat pakan buatan ikan mas.


Bahan Baku
Persentase (%)
Nilai Nutrisi
Tepung Ikan
Tepung Bungkil kedelai
Tepung Bungkil kelapa
Dedak/ bekatul
Tepung terigu
Vitamin mix
Mineral mix
21,0
25,0
18,0
24,0
8,5
2,0
1,5
Protein               : 30,72%
Lemak               :    5,95%
Karbohidrat       : 49,51%
Serat                   :   2,9%
Abu                    :  10,86%
 
2.   Kebiasaan Pola Makan dan Kebutuhan Gizi pada Ikan Gurame

Ikan Gurame sama dengan Ikan Mas, ikan konsumsi ini menjadi primadona di kalangan para pecinta kuliner olahan ikan air tawar. Ikan Gurame memiliki ketebalan dan kekenyalan daging yang berbeda dengan Ikan mas demikian pula dengan rasanya, ikan gurame dapat diolah menjadi berbagai macam kuliner, seperti asam manis, pedas, bakar, goreng krispi, dan lain sebagainya.

Ikan gurame termasuk kedalam hewan Herbivora (pemakan tumbuhan). Ikan gurame sangat menyukai daun-daunan sebagai makanan alaminya, jenis daun yang paling disukai oleh gurame antara lain daun talas, daun pepaya,daun singkong, daun ubi jalar, daun mentimun, sayuran seperti, kangkung, sawi, dan sayuran hijau lainnya.

Ikan Gurame


Ikan Gurame










Namu, jika hanya diberikan makanan berupa sayuran dan daun-daunan, maka pertumbuhan ikan gurame akan lambat. Dalam budi daya ikan gurame secara semi intensif dan intensif ikan gurame harus diberikan pakan buatan yang mengandung protein minimal 20% dan optimalnya 25-30%. Jumlah pakan yang harus diberikan 3-5% dari berat total ikan yang di pelihara dengan frekuensi pemberian pakan 3x sehari. Formula atau komposisi untuk membuat pakan buatan ikan gurame sama dengan ikan mas.

Mengenal Pola Kebiasaan Makan Ikan
About
Mengenal Pola Kebiasaan Makan Ikan - written by Unknown , published at 06.40 . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2013 Berternak Lele by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger