Mengenal Lele Sangkuriang II

by Unknown , at 11.39 , has 0 komentar


Sulitnya mencari pekerjaan saat ini menjadikan kesempatan membuat lahan usaha  semakin luas. Untuk memulai sebuah usaha haruslah mengenal jenis usaha dan apa yang akan diusahakan. Keterbatasan modal merupakan salah satu hal yang menjadi penyebab malasnya orang untuk memulai sebuah bentuk usaha. Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba memberikan alternatif pilihan usaha yang dapat dijalankan dengan modal kecil. Berternak pembesaran lele dipilih karena Budidaya pembesaran adalah salah satu pilihan usaha yang dapat dijalankan dengan mudah dan biaya kecil. Namun sebelum memulai usaha pembesaran lele, alangkah baiknya apabila kita mengenal dulu karakteristik hewan (ikan) yang akan kita ternakan.

LELE SANGKURIANG 


Philum               :  Chordata
Kelas                 :  Pisces
Anak Kelas        :  Telestei
Bangsa              :  Oistariophusi               
Family                :  Clariidae
Genus                :  Clarias
Species              :  Clarias Sp


Asal usul Lele sangkuriang adalah lele hasil rekayasa genetik yang dilakukan oleh BBPBAT (Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Tawar) Sukabumi. Lele sangkuriang yang merupakan masih keturunan dari lele dumbo. Sedangkan lele dumbo (F2) itu sendiri adalah hasil perkawinan lele Taiwan (Clarias Fuscus) dengan lele Afrika (Clarias Mozambicus). Kemudian lele dumbo (F2) jantan dikawinkan dengan lele dumbo (F2) betina dan menghasilkan lele dumbo jantan (F2-6). Lele sangkuriang dihasilkan dari perkawinan silang antara lele jantan (F2-6) dengan lele betina (F2) dan melahir lele sangkuriang.

Kenapa dinamakan lele sangkuriang? Bila kita melihat di mana lele itu lahir, dan proses awal lahirnya lele sangkuriang maka pantaslah jika lele itu dinamakan lele sangkuriang (coba lihat cerita rakyat jawa barat : “Sangkuriang” red.).


Namun saat ini lele yang sedang marak dan terkenal diternakan adalah lele sangkuriang II. Lele sangkuriang II merupakan hasil perkawinan silang antara lele sangkuriang jantan (F6) dengan lele betina asal Afrika (F2), maka lahirlah lele sangkuriang II.

Lele sangkuriang II merupakan lele unggulan yang di sodorkan oleh BBPBAT Sukabumi, karena lele sangkuriang II di klaim merupakan lele yang memiliki daya tahan tubuh terhadap penyakit dan perkembangan yang pesat dari pendahulunya lele sangkuriang I. Kita tahu bahwa lele merupakan ikan yang dapat hidup di air sedikit dan tidak mengalir. Memelihara lele dapat dilakukan dimanapun dan di tempat/ media apapun. Dengan adanya terobosan baru yang dilakukan BBPBAT Sukabumi, diharapkan mampu meningkatkan produktifitas peternakan lele di tanah air.

Kebutuhan masyarakat akan ikan yang semakin meningkat dan nilai gizi yang baik, maka ikan lele menjadi pilihan masyarakat akan konsumsi ikan selain harganya yang lumayan murah jika dibandingkan dengan ikan air tawar lain. Jadi, jika melihat kebutuhan pasar yang tinggi dan kualitas produksi serta kemudahan dalam pemeliharaan lele,  dialansir bahwa pertumbuhan lele sangkuriang II meningkat 10% dari pendahulunya lele sangkuriang I, jadi pilihan baik untuk membuat usaha yang menghasilkan dan tidak memerlukan biaya besar adalah “ Berternak Lele Sangkuriang II “.

Selamat Mencoba, dan Semoga Sukses. . . . . . . .
Mengenal Lele Sangkuriang II
About
Mengenal Lele Sangkuriang II - written by Unknown , published at 11.39 . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2013 Berternak Lele by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger