Mengenal Aneka Jenis Kolam 2

by Unknown , at 11.37 , has 0 komentar
Pada pembahasan sebelumnya, kita telah mengenal macam-macam kolam jika dilihat dari asal terjadinya, dilihat dari sumber airnya, dan jika dilihat dari bentuknya. Pada kesempatan ini, saya akan berbagi mengenai macam-macam kolam jika dilihat dari fungsi dan aliran airnya. 

1.  Kolam Jika Dilihat Menurut Fungsinya
Selain untuk memelihara ikan dalam budi daya pembesaran kolam juga memiliki fungsi lain selain itu, dan jika dilihat menurut fungsinya, maka kolam memiliki fungsi-fungsi sebagai berikut :
1). Kolam Pemeliharaan Induk
Kolam ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan induk ikan yang akan memasuki proses pemijahan dan penyimpanan induk yang selesai dipijahkan, pola penyimpanan induk ikan harus terpisah antara induk jantan dan induk betina dengan pola pemasukan air yang ideal dan pararel agar kondisi ikan tetap stabil sebelum dipijahkan dan setelah dipijahkan.

Kolam Pemeliharaan Induk

2). Kolam Pemijahan/ Perkawinan
Kolam ini berfungsi sebagai kolam atau tempat memijahkan ikan yang telah siap untu dipijahkan. Akan tetapi sebelum proses pemijahan dilakukan, ada proses manipulasi kolam. Fungsinya agar pada saat proses pemijahan berjalan dengan lancar, kecuali pada ikan nila, gurame, dan arwana ikan jantan dan betina boleh disatukan dalam 1 kolam sebelum dipijahkan.

Kolam Pemijahan

3). Kolam Penetasan Telur
Kolam penetasan telur kebanyakan menggunakan kolam pemijahan, malah banyak para peternak yang memindahkan telur dari kolam pemijahan ke dalam aquarium, maksudnya adalah agar larva yang baru menetas dapat beradaptasi dengan lingkungan sebelum dilepas di kolam yang lebih besar pada tahap pendederan.

 Kolam Penetasan

4). Kolam Pendederan
Yaitu kolam yang difungsikan untuk pembesaran ikan dari ukuran larva ke ukuran yang lebih besar agar siap dijual sebagai ikan benih atau dipindahkan ke kolam yang lebih besar untuk disiapkan sebagai ikan konsumsi atau ikan indukan. Kolam pendederan biasanya berukuran 250-600 m2, akan tetapi tidak semua ikan masuk ke dalam kolam pendederan, contohnya seperti pada budi daya ikan arwana. Ikan arwana yang memiliki telur besar memungkinkan anakan yang menetas dari telur memakan kuning telurnya sehingga anakan ikan arwana yang sudah menetas berukuran antara 10-12 cm. Jadi untuk ikan arwana, kolam penetasan bisa digunakan langsung sebagai kolam pendederan.

Kolam Pendederan

5). Kolam Pembesaran
Banyak kolam alternatif yang dapat digunakan sebagai kolam pembesaran ikan secara intensif, yang paling penting dan harus diperhatikan dalam budi daya ikan secara intensif dalam kolam air deras adalah debit air yang masuk yaitu 10-15 liter/detik, lalu kebutuhan pakan yang memenuhi standar kualitas pemeliharaan yang memiliki kandungan protein tidak kurang dari 40%. Banyak jenis kolam pembesaran yang marak saat ini dapat menjadi alternatif pilihan seperti :  hampang (sumatera selatan), sawah tambak (jawa timur), keramba (kalimantan timur), kolam comberan (Jakarta), dan Kolam terpal (bekasi).

Kolam Pembesaran

6). Kolam Penumbuh Pakan Alami
Kolam ini dibuat dengan sengaja untuk mencukupi persediaan pakan alami bagi ikan yang masih stadia larva, karena ikan yang masih kecil belum mampu mengunyah pakan buatan. Dengan semakin sulitnya ketersediaan pakan alami bagi ikan, maka alangkah baiknya jika peternak juga membudidayakan pakan alami, agar ketersediaan pakan alami bagi budi daya ikan dapat terpenuhi.

Kolam Penumbuh Pakan Alami

7). Kolam Pengendapan
Kolam ini berfungsi sebagai pengendap air kolam yang bersumber dari sungai. Karena tidak selamanya aliran air sungai selalu bersih, adakalanya air sungai membawa serta kotoran baik sampah maupun lumpur. Maka agar kualitas air yang masuk kedalam kolam tetap terjaga kualitasnya, maka diperlukan kolam pengendap agar air yang berasal dari sungai tidak langsung masuk kedalam kolam. Sebaiknya, sebelum diendapkan, air harus masuk kedalam kolam penyaringan (filter), agar ketika masuk kedlam kolam pengendapan, air tidak bercampur dengan sampah dan kotoran lain.

Kolam Pengendapan

8). Kolam Penampungan Hasil
Kolam ini sering juga disebut sebagai kolam pemberokan, fungsinya adalah sebagai penampungan ikan yang baru di panen baik ikan untuk bibit, maupun ikan untuk konsumsi. Sebelum ikan dipindahkan ke tempat berikutnya, ikan sebaiknya di tampung pada tempat khusus agar ikan tetap segar dan tidak stres saat ikan dipindah ketempat yang baru.

Kolam Penampungan/ Pemberokan

9). Kolam Aquaponik
Yaitu kolam yang menggunakan pola Variasi antar pemeliharaan ikan dengan tanaman. Pola aquaponik sangat baik untuk menjaga kualitas air, karena dengan menggabungkan pola pemeliharaan antara ikan dan tumbuhan, secara biologis tanaman yang dipelihara akan mendapat asupan zat hara dari kolam, sedangkan kolam tetap terjaga dari pencemaran karena tanaman yang dipelihara dapat berfungsi sebagai filter yang menyaring air agar tetap terjaga kualitasnya.

Kolam Aquaponik

2.  Menurut Aliran Airnya
Berdasarka karakteristik air yang masuk kedalam kolam, maka kolam dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu :

1). Kolam Air Tergenang (stagnant water pond)
Kolam seperti ini biasanya memiliki luas yang sangat besar. Meskipun dikatakan kolam air tergenang, bukan berarti tidak ada aliran air sama sekali, aliran air biasanya dimaksudkan untuk mengganti kebocoran dan penguapan. Jadi aliran air tidak begitu berpengaruh pada kehidupan jasad renik dalam kolam.

2). Kolam Air Mengalir (running water pond)
Berbeda dengan kolam air tergenang, kolam air mengalir biasanya berukuran lebih kecil. Dengan adanya aliran air yang deras maka kolam tidak ditumbuhi jasad renik. Akan tetapi pola penebaran benih dalam kolam air deras lebih banyak, dan dengan pemberian pakan yang baik dan intensif maka hasil produksi akan lebih maksimal.

Terima kasih, semoga bermanfaat. . . . . . .

Sumber Referensi :
"Buku Aneka Kolam Ikan Ragam, Jenis dan Cara Membuatnya "

Pengarang  : Heru Susanto
Penerbit     :  Penebar Swadaya
Alamat       :  Perum Bukit Permai, Jl. Kerinci Blok A2 No. 23-24, Cibubur Jakarta Timur 13720
Telp            :  (021) 29617008/ (021) 29617009/ (021) 29617010
Fax             :  (021) 8721570
Email         :  ps@penebar-swadaya.net
 
Mengenal Aneka Jenis Kolam 2
About
Mengenal Aneka Jenis Kolam 2 - written by Unknown , published at 11.37 . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2013 Berternak Lele by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger