Mengenal Aneka Jenis Kolam 1

by Unknown , at 11.38 , has 0 komentar
Kolam dalam pengertian teknis adalah sebuah perairan buatan yang memiliki luas terbatas, sengaja atau tidak sengaja dibuat oleh manusia, dan mudah dikuasai. Artinya, kolam tersebut mudah dipelihara dalam pengelolaan air, baik dalam pengisian air maupun dalam pengeringan air dan mudah diatur sesuai kehendak yang mengelola kolam tersebut. Adapun penggolongan jenis kolam dapat dijelaskan sebagai berikut :

1.  Menurut Asal Terjadinya
Menurut asal terbentuk atau terjadinya, kolam dapat dibedakan dalam 2 macam, yaitu : 1). kolam yang sengaja dibuat, 2). Kolam yang terjadi tanpa sengaja. 

1). Kolam yang sengaja dibuat merupakan kolam yang dibuat oleh manusia berdasarkan kebutuhan sipemilik kolam tersebut. Kolam dibuat karena sang pemilik memerlukan media untuk memelihara ikan atau berternak ikan.

Kolam Buatan
2). Kolam yang terjadi tanpa sengaja, merupakan kolam yang dibuat berdasarkan keinginan manusia. Kolam seperti ini biasanya terjadi atau ada karena adanya kebutuhan lain, seperti contoh kolam-kolam yang terjadi karena adanya usaha atau proyek penggalian pasir, kolam-kolam seperti ini banyak terdapat di daerah sekitar Jakarta dan Bekasi. Banyaknya permintaan akan bahan bangunan yang berupa pasir, menjadikan para pemilik tanah menjual tanahnya untuk dijadikan tempat penggalian pasir. Setelah pasir habis maka bekas galian tersebut digenangi air pada saat musim hujan, maka kolam-kolam ini mulai terbentuk.

Kolam yang terjadi tanpa sengaja
2.  Menurut Sumber Airnya
Jika dilihat menurut sumber air yang ada dalam kolam atau sumber air yang mengairi kolam, maka kolam dapat dibedakan dalam beberapa jenis, diantaranya adalah :

1). Kolam tadah hujan
Yaitu kolam yang sumber airnya hanya berasal dari air hujan, seperti kolam bekas galian pasir. Kolam jenis ini memiliki ciri-ciri : 
a. tidak ada pola pengaturan air baik masuk maupun keluar.
b. sering banjir pada waktu musim hujan, dan kering pada saat kemarau.
c. tidak memiliki pematang kolam atau bahkan sanagat lebar.

2). Kolam mata air
Kolam dengan sumber air dari mata air ini merupakan kolam yang paling baik dari segi kualitas dan kontinuitas air, namun saat ini kolam mata air sudah jarang ditemukan karena keberadaan dan sumber mata air sudah jarang ditemui akibat kepentingan industri dan ekonomi. Banyak sumber mata air yang dikuasai oleh perusahaan yang menguasai sumber-sumber mata air untuk dikelola secara ekonomis dibuat air minum kemasan. Menurut hasil survey hanya ada beberapa sumber mata air yang digunakan dan dimanfaatkan untuk kepentingan pengairan sawah dan budi daya ikan air tawar.

Kolam Mata Air
3). Kolam berpengairan setengah teknis
Yaitu kolam yang mendapat pengairan dari saluran irigasi setengah teknis. Maksud setengah teknis yaitu sebagian besar saluran airnya masih merupakan tanah biasa dan hanya sebagian yang ditembok, adapun pengaturan air kolam ini lebih baik dari kedua jenis kolam diatas. Pengaturan air pada kolam ini memiliki pasokan dan pembuangan air yang lebih baik dan kontinyu, akan tetapi pada waktu musim kemarau kolam ini agak kekurangan air dikarenakan sebagian air difungsikan untuk lahan pesawahan.

Kolam berpengairan setengah teknis

4). Kolam Berpengairan Teknis
Yaitu kolam yang mendapat pasokan air yang normal berasal dari saluran irigasi, kolam dan saluran air yang dialirkan dari sumber air ditembok menurut ketentuan teknis keperluan air bagi budi daya ikan air tawar. Kolam seperti ini biasanya terdapat di intansi-intansi pemerintah yang bergerak dalam bidang perikanan baik konservasi, budidaya, pembibitan dan penelitian ikan air tawar.

Kolam Berpengairan Teknis

3.  Menurut Bentuknya
Berdasar bentuknya kolam dibagi kedalam empat bentuk :

1). Bentuk Persegi Panjang
Kolam ikan pada umumnya berbentuk persegi panjang, kolam seperti ini banyak dijumpai di masyarakat tradisional. Dari hasil penelitian dan pengalaman, kolam seperti ini banyak memiliki kelebihan jika dibandingkan kolam berbentuk bujur sangkar. Kelebihan kolam ini berdasarkan sirkulasi air dan penyediaan pakan alami ikan, hal itu karena kolam persegi panjang memiliki sisi atau pinggiran yang lebih panjang dan banyak, memungkinkan lebih banyak tumbuh pakan alami ikan (moina dan daphnia).

Kolam Berbentuk Persegi Panjang

2). Bentuk Bujur Sangkar
Kolam ini seperti disebutkan diatas memang memiliki kelemahan jika dibandingkan kolam persegi panjang, terutama dalam hal sirkulasi air dan pertumbuhan pakan alami ikan, kolam bujur sangkar biasanya dibuat sebagai alternatif karena sisa lahan.

Kolam Berbentuk Bujur Sangkar

3). Bentuk Lingkaran/ Bulat
Pada awalnya kolam berbentuk bulat tidak lajim, namu sesuai dengan perkembangan teknologi budi daya ikan air tawar pada kolam deras memiliki sistem pembuangan di tengah-tengah. Menurut pengamatan dan pengalaman, kolam air deras berbentuk bulat lebih baik dalam sistem sirkulasi airnya, jika dibandingkan dengan kolam persegi panjang dan kolam bujur sangkar. Kolam bernetuk bulat pertama kali di Indonesia ditemukan di Balai Pembenihan Ikan Air Tawar, Leuwi Sari, Tasikmalaya, Jawa Barat.

Kolam Ikan Berbentuk Bulat

4). Kolam Berbentuk Segi Tiga
Bentuk kolam segi tiga lebih fleksibel jika dibandingkan dengan bentuk kolam persegi panjang dan kolam bujur sangkar. Kolam ini biasanya merupakan bentuk umum dari kolam air deras yang disarankan, pada bentuk kolam segi tiga sampah dan lumpur tidak akan mengendap di dasar kolam, maka kualitas air tetap terjaga.
Kolam Segi Tiga
Demikian Sekilas Pengenalan Tentang Kolam dan Bentuknya, Semoga bermanfaat. . . . . .

Sumber Referensi :
"Buku Aneka Kolam Ikan Ragam, Jenis dan Cara Membuatnya "

Pengarang  : Heru Susanto
Penerbit     :  Penebar Swadaya
Alamat       :  Perum Bukit Permai, Jl. Kerinci Blok A2 No. 23-24, Cibubur Jakarta Timur 13720
Telp            :  (021) 29617008/ (021) 29617009/ (021) 29617010
Fax             :  (021) 8721570
Email         :  ps@penebar-swadaya.net
Mengenal Aneka Jenis Kolam 1
About
Mengenal Aneka Jenis Kolam 1 - written by Unknown , published at 11.38 . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2013 Berternak Lele by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger